Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa

Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa – Halitosis adalah bau mulut atau nafas naga. Istilah nafas naga diambil dari kata dalam bahasa Inggris “dragon breath”. Penyebab bau mulut sebanyak 80% dari rongga mulut dan 20% karena masalah pencernaan.

Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa

Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa

Penyebab Bau Mulut

Bagi yang menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, selain harus mengatasi rasa lapar dan haus, bau mulut yang menyengat sering dianggap menjadi masalah. Padahal. dengan berpuasa justru akan memberikan kesempatan pada organ pencernaan untuk beristirahat sehingga organ tubuh tersebut bisa dibersihkan dan membentuk zat-zat baru yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, proses pembersihan dan pelepasan racun dari usus, ginjal, kandung kemih, paru-paru, serta kulit, juga lebih meningkat saat menjalankan puasa. Jadi, jangan heran jika setelah berpuasa selama sebulan penuh tubuh terasa fit dan bugar.

Penyebab munculnya bau mulut ketika puasa antara lain karena mulut mengalami kekeringan akibat kurangnya cairan ludah (saliva). Karena saliva berkurang, bakteri dalam mulut pun jadi lebih banyak sehingga muncullah bau mulut. Selain karena kekurangan cairan, secara umum bau mulut juga bisa timbul karena berbagai sebab seperti mengkonsumsi makanan yang mengundang bau mulut misalnya buah durian, ikan, daging, jengkol atau berbagai jenis produk susu.

Sakit Gigi berlubang dan infeksi gusi juga bisa menimbulkan bau mulut karena bersarangnya bakteri pada sisa-sisa makanan yang mengendap di sela-sela gigi berlubang. Gigi yang tidak terawat akan membentuk abses (pengumpulan nanah) dan bakteri yang ada di dalamnya akan memetabolismekan jaringan-jaringan mati sehingga menimbulkan bau.

Penyakit saluran pernapasan juga bisa memicu bau mulut seseorang karena ketika berpuasa mulut tidak mengunyah makanan. Bau mulut juga bisa muncul ketika seorang mengalami kesulitan untuk buang air besar. Termasuk kondisi lidah yang kotor karena jarang dibersihkan berpotensi menumpuk bakteri sehingga menimbulkan bau mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa

Untuk cara Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa dan berbagai macam penyebab bau mulut selama puasa, diantaranya :

  1. Disarankan kepada orang yang berpuasa untuk memperbanyak mengkonsumsi jenis makanan berserat. Karena makanan berserat akan memberi gerak pada rongga mulut sehingga gigi akan banyak mengunyah dan itu bisa mengurangi timbulnya bau mulut
  2. Menghindari makanan yang bisa memicu bau mulut seperti cokelat. Cokelat termasuk makanan yang bersifat diuratic (merangsang pengeluaran urin). Akibatnya, mulut akan cepat mengalami kekeringan sehingga timbul bau tidak sedap di mulut.

Cara mengatasi bau mulut selama puasa harus dilakukan secara teratur seperti diatas. Selain masalah bau mulut saat sedang puas, cara menghilangkan bau mulut dengan alami adalah dengan menerapkan beberapa langkah cara menghilangkan bau mulut seperti :

  1. Menggosok gigi
    Menjaga kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi 2 kali dalam sehari. Dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur dan dilakukan malam hari saat sebelum tidur. Selain dilakukan pada 2 waktu ini, Anda juga bisa melakukannnya setelah makan. Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk menggunakan obat kumur dalam membantu menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut yang bisa menjadi penyebab dari bau mulut muncul. Namun sebaiknya penggunaan dari mouthwash atau obat kumur ini jangan digunakan sering-sering karena akan memperngaruhi air liur yang lama kelamaan akan menjadi berkurang. Dengan menjaga kebersihan mulut, maka hal ini juga akan berdampak bai sebagai salah satu cara mencegah munculnya masalah plak pada gigi.
  2. Menggunakan herbal alami
    Cara menghilangkan bau mulut secara alami dengan menggunakan cengkeh, adas dan juga biji adas. Jika Anda sudah makan, maka Anda bisa mengunyah cengkeh atau ajas dan biji adas. Karena bahan-bahan herbal tersebut bisa membantu membuat nafas menjadi lebih segar lagi.
  3. Mengonsumsi buah dan sayuran
    Air liur merupakan salah satu pembunuh bakteri alami yang dimiliki oleh setiap manusia. Oleh sebab itulah dengan mengonsumsi buah serta sayuran akan membantu untuk meningkatkan produksi dari jumlah air liur. Dan jenis buah yang bisa membantu cara menghilangkan bau mulut adalah salah satunya apel dan buah strawberry.
  4. Minum teh
    Cara menghilangkan bau mulut secara alami lainnya adalah dengan minum teh. Dengan minum teh hijau atau teh merah secara teratur setiap harinya maka akan membantu untuk cara menghilangkan bau mulut. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan senyawa polifenol yang sejenis dengan zat antioksidan yang mempu membunuh bakteri di dalam mulut kita.
  5. Hindari minuman beralkohol dan jangan merokok
    Kedua jenis ini merupakan salah satu penyebab dari bau mulut. Dengan menghindari rokok dan alkohol yang tidak mempunyai manfaat merupakan salah satu hal yang sangat mutlak jika memang Anda tidak ingin bau kurang sedap di mulut ini muncul.
  6. Hindari makanan yang menyengat
    Makanan dengan bau yang menyengat seperti bawang putih dan bawang merah sebaiknya dikurangi. Jika Anda selesai makan-makanan ini maka sebaiknya menggosok gigi. Atau Anda juga bisa mengunyah beberapa butir beras dalam membantu cara menghilangkan bau mulut secara alami.
  7. Konsumsi air putih
    Minum air putih 2 lirer dalam sehari membantu untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Cara mengatasi bau mulut dengan air putih bukan saja berguna untuk menjaga kesegaran mulut namun juga membantu untuk memelihara kesehatan tubuh.

Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Bau Mulut Membantu Mengatasi Bau Mulut Yang Tak Sedap Dan Membantu Memberikan Aroma atau Napas Segar Pada Mulut, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Menghilangkan Bau Mulut and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *